SISTEM INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU
STKIP PGRI PACITAN

Info

A. Ketentuan Umum Penerimaan Mahasiswa Baru STKIP PGRI Pacitan
1Sistem penerimaan mahasiswa baru STKIP PGRI Pacitan bertujuan untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas dan mempunyai kemampuan akademik dan atau prestasi non-akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan Pendidikan Tinggi dengan baik di STKIP PGRI Pacitan. Dalam pelaksanaan sistem penerimaan mahasiswa baru di STKIP PGRI Pacitan memiliki beberapa ketentuan, diantaranya: 1. Seluruh proses penerimaan mahasiswa baru pada semua program studi di STKIP PGRI Pacitan dilakukan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa baru STKIP PGRI Pacitan. 2. Proses penerimaan mahasiswa dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah ditentukan 3. Penetapan mahasiswa baru yang telah diterima dilakukan melalui SK Ketua 4. Hal lain yang tidak diatur dalam pedoman ini dapat diatur melalui Keputusan Ketua.
 
B. Gelombang Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru
2

1. Reservasi, dibuka mulai tanggal 2 – 31 Januari 2020 (bebas biaya Pendaftaran);

2. Gelombang I, 1 Pebruari-30 April 2020;

3. Gelombang 2, 2 Mei-29 Juni 2020;

4. Gelombang 3, 1 Juli-29 Agustus 2020.

 
C. Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru
3

Tahun akademik 2020/2021, STKIP PGRI Pacitan membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui 3 jalur penerimaan, yaitu (1) jalur bebas tes; (2) jalur tes; (3) jalur beasiswa.

1. Jalur Bebas Tes *:

Jalur bebas tes STKIP PGRI dibuka pada reservasi dan gelombang I diperuntukkan bagi siswa yang masih duduk di kelas XII, dengan syarat sebagai berikut:

Syaratan Pendaftaran:

a. Menyerahkan foto copy raport semester I-V (Nilai raport rata-rata 7.5) rangkap 1

b. Menyerahkan pas foto terbaru ukuran: 3 x 4 sebanyak 2 lembar (berwarna)

c. Menyerahkan bukti prestasi di bidang akademik atau nonakademik (apabila memiliki)

d. Mengisi formulir pendaftaran jalur bebas tes

e. Melampirkan fotocopy KK & fotocopy kartu NISN

2. Jalur Tes

STKIP PGRI Pacitan menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur tes. Jalur tes dibuka di semua gelombang.

Syarat Pendaftaran:

a. Menyerahkan foto copy Ijasah yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar

b. Menyerahkan pas foto terbaru ukuran:3x4 sebanyak 2 lembar (berwarna)

c. Mengisi formulir pendafaran jalur tes

d. Melampirkan fotocopy KK & fotocopy kartu NISN

3. Jalur Beasiswa**:

a. Beasiswa Subsidi

Program Beasiswa Subsidi dibuka pada reservasi dan gelombang I dengan syarat sebagai berikut:

Syarat pendaftaran

a. Menyerahkan foto copy raport semester I-V (Nilai rata-rata 7,5) rangkap 1

b. Menyerahkan pas foto terbaru ukuran: 3x4 sebanyak 2 lembar (berwarna)

c. Menyerahkan rekomendasi dari Kepala Sekolah

d. Menyerahkan bukti prestasi di bidang akademik atau non akademik

e. Mengisi formulir pendaftaran program beasiswa subsidi

f. Menyerahkan foto copy Kartu Keluarga dan Surat Keterangan tidak mampu dari Kepala Desa &  fotocopy kartu NISN

Ketentuan Penerimaan

a. Beasiswa Subsidi diberikan dalam bentuk keringanan biaya studi 50% biaya SPP bagi yang lolos seleksi.

b. Beasiswa akan dihentikan, apabila IPK setelah semester 2 dibawah 3,00.

c. Beasiswa akan dihentikan apabila penerima pindah program studi.

d. Penerima beasiswa subsidi, masih berhak menerima beasiswa lainnya jika memenuhi pesyaratan yang ditentukan.

b. Beasiswa Alumni Sekolah PGRI

Program Beasiswa Alumni Sekolah PGRI dibuka pada reservasi dan gelombang I dengan syarat sebagai berikut:

Syarat pendaftaran

a. Berasal dari sekolah yang berada di bawah naungan PGRI ditunjukkan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah

b. Menyerahkan foto copy raport semester I-V rangkap 1

c. Menyerahkan pas foto terbaru ukuran: 3x4 sebanyak 2 lembar (berwarna)

d. Mengisi formulir pendaftaran program beasiswa alumni sekolah PGRI

e. Melampirkan fotocopy KK & fotocopy kartu NISN

Ketentuan Penerimaan

a. Beasiswa Sekolah PGRI diberikan dalam subsidi sebesar Rp. 1.000.000 untuk biaya pengembangan kampus.

b. Beasiswa tidak dapat dipindahtangankan.

c. Penerima beasiswa alumni sekolah PGRI, masih berhak menerima beasiswa lainnya jika memenuhi pesyaratan yang ditentukan.

c. Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah):

Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) dibuka untuk semua gelombang dengan syarat sebagai berikut:

Syarat pendaftaran

  1. Menyerahkan foto copy raport semester I-V (Nilai rata-rata 7,5) rangkap 1
  2. Menyerahkan pas foto terbaru ukuran: 3x4 sebanyak 2 lembar (berwarna)
  3. Menyerahkan rekomendasi potensi akademik baik dari Kepala Sekolah asal
  4. Menyerahkan bukti prestasi di bidang akademik atau nonakademik
  5. Menyerahkan foto copy Kartu Keluarga, Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  6. Mengisi formulir pendaftaran program KIP-KULIAH (bagi yang diterima)

Ketentuan Penerimaan

  1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2020, memiliki identitas berupa NISN, NPSN dan NIK yang valid di PDSPK.
  2. Lulusan tahun 2018 dan 2019 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;
  3. Usia paling tinggi pada saat diterima di STKIP PGRI Pacitan adalah 21 tahun;
  4. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
  5. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
  1. Siswa  Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP)  atau;
  2. Pendapatan kotor orang tua/wali gabungan (suami + istri) setinggi-tingginya
    Rp 4.000.000,00 (Empat juta rupiah) atau pendapatan kotor gabungan orang
    tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 (Tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).
  1. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
  2. Penerima KIP Kuliah, tidak berhak menerima beasiswa lainnya.

d. Jalur Perlombaan

a. Pendaftar dari pemenang lomba pada Gebyar Prestasi tahun 2019 yang diselenggarakan oleh keluarga besar STKIP PGRI Pacitan dan atau instansi lain yang telah disetujui oleh panitia PMB tahun 2020/2021, bebas biaya pendaftaran dan bebas tes masuk dengan syarat menunjukkan sertifikat juara lomba

b. Berlaku disemua gelombang pendaftaran.

c. Melampirkan fotocopy KK & fotocopy kartu NISN

 
D. Sistem Pendaftaran
4

1. Sistem One Day Service, yaitu: 

a. Semua pelaksanaan proses pendaftaran diselesaikan pada saat pendaftaran, mulai dari tes sampai dengan pengumuman penerimaan;

b. Berlaku disemua gelombang 2 & gelombang 3;

c. Dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu.

2. Sistem Reguler,

yaitu proses pendaftaran mahasiswa baru dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan PMB STKIP PGRI Pacitan tahun akademik 2020/2021

 
E. Biaya
5
  1. Rincian biaya untuk Program Studi Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa Inggris:

Gelombang

Biaya Pendaftaran*

SPP tiap Triwulan

Pengembangan kampus

Praktik **

Gelombang Reservasi

-

825.000

3.250.000

-

Gelombang I

100.000

825.000

3.250.000

-

Gelombang II

150.000

825.000

3.500.000

-

Gelombang III

200.000

825.000

3.750.000

-

  1. Rincian biaya untuk Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi dan Pendidikan Informatika:

Gelombang

Biaya Pendaftaran*

SPP tiap Triwulan

Pengembangan kampus

Praktik **

Gelombang Reservasi

-

975.000

3.500.000

1.200.000

Gelombang I

100.000

975.000

3.500.000

1.200.000

Gelombang II

150.000

975.000

4.000.000

1.200.000

Gelombang III

200.000

975.000

4.250.000

1.200.000

  1. Rincian biaya untuk Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar:

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Biaya Pendaftaran*

SPP tiap Triwulan

Pengembangan kampus

Praktik**

Gelombang Reservasi

-

975.000

4.000.000

1.700.000

Gelombang I

100.000

975.000

4.000.000

1.700.000

Gelombang II

150.000

975.000

4.250.000

1.700.000

Gelombang III

200.000

975.000

4.500.000

1.700.000

  1. Biaya lain-lain untuk semua Program Studi:

Kegiatan Kemahasiswaan***

Kursus Mahir Dasar (KMD) Pramuka

Dosen PA & Perwalian****

PPL

PKL

SKPI

KKN

Skripsi

100.000

1.000.000

100.000

1.000.000

500.000

150.000

750.000

1.350.000

 

Keterangan:

  1. Pendaftar tanpa tes yang tidak diterima, dapat mengikuti jalur tes pada periode berikutnya dengan biaya pendaftaran gratis;
  2. Pendaftar beasiswa yang tidak diterima, dapat diterima dengan biaya mandiri;
  3. *Berlaku untuk semua jenis pendaftar;
  4. **Sekali selama kuliah dan dibayar bersamaan dengan pembayaran pengembangan kampus;
  5. ***Setahun Sekali dan dibayar tiap triwulan ke-2 tiap tahun;
  6. ****Sekali dibayar di awal kuliah atau bisa diangsur setiap tahun/ tingkat;
  7. Biaya PPL, PKL, SKPI, dan KKN dibayarkan menjelang kegiatan;
  8. Biaya di atas belum termasuk Yudisium, dan Wisuda yang akan ditentukan kemudian.

 

 
F. Pindah Program Studi:
6
  1. Calon mahasiswa yang sudah dinyatakan diterima dan telah melakukan daftar ulang, maka persyaratan pindah program studi sebagai berikut:
  1. Pindah di antara program studi yang dua-duanya diterima, maka syarat yang harus dipenuhi adalah:
  1. Menunjukkan bukti daftar ulang
  2. Mengajukan perubahan pilihan Program Studi selambat-lambatnya 1 hari sebelum penutupan daftar ulang pada periode calon mahasiswa mendaftar.
  1. Pindah Program studi yang tidak terdapat dalam pilihan pada saat mendaftar, persyaratannya sebagai berikut:
  1. Menunjukkan bukti pendaftaran
  2. Mengajukan perubahan pilihan Program Studi
  3. Mengikuti tes pada periode pendaftaran berikutnya
  4. Membayar biaya pendaftaran 50% dari gelombang yang diikuti tes.
  5. Apabila pada periode pendaftaran berikutnya tidak ada, maka ijin pindah ditiadakan.
  1. Belum mengikuti Tes, maka persyaratannya sebagai berikut:
  1. Melapor ke bagian pendaftaran paling lambat 1 hari sebelum pelaksanaan tes
  2. Mengikuti rangkaian tes sesuai program studi yang dituju.

Catatan:

Semua kegiatan berkaitan dengan pindah program studi sebelum pelaksanaan PKKMB, dilaksanakan di Sekretariat pendaftaran Mahasiswa Baru STKIP PGRI Pacitan gedung D jalan Cut Nya’ Dien No. 4a Pacitan.

 
G. Jadwal Kegiatan PMB
7

NO

PROGRAM

WAKTU PENDAFTARAN

PENJELASAN TES REGULER

PELAKSANAAN TES REGULER

PENGUMUMAN PENERIMAAN TES REGULER

DAFTAR ULANG

PENJELASAN PKKMB

PKKMB

1

Reservasi

2 – 31 Januari 2020

31 Januari 2020

1 Pebruari 2020

8 Pebruari 2020

10 Pebruari – 1 Juli 2020

7 Sept.2020

9-12 Sept 2020

2

GEL. 1

1 Pebruari-30 April 2020

2 Mei 2020

4  Mei 2020

9  Mei 2020

9  Mei-1 Juli 2020

3

GEL. 2

2 Mei-29 Juni 2020

30 Juni 2020

1 Juli 2020

6 Juli 2020

6 Juli-29 Agust.2020

4

GEL. 3

1 Juli-29 Agustus 2020

28 Agustus 2020

29 Agustus 2020

31 Agustus 2020

31 Agust - 7 Sept. 2020

 
H. Mengundurkan Diri
8
  1. Sebelum pelaksanaan PKKMB
  1. Mengajukan permohonan pengunduran diri dilampiri bukti daftar ulang
  2. Biaya yang sudah dibayarkan akan dikembalikan 50%
  1. Setelah pelaksanaan PKKMB
  1. Seluruh biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.
 
JADWAL KEGIATAN